Somethinc 5% Niacinamide Barrier Serum Review : Serum Untuk Mencerahkan Sekaligus Memperkuat Skin Barrier

by - Saturday, July 31, 2021

 


Halo semuaaa, kalian di sini udah pada tahu nggak, kalau Somethinc punya serum niacinamide edisi terbaru? namanya Niacinamide Barrier Serum. Sama seperti serum niacinamide Somethinc yang lain, serum ini juga memiliki dua varian persentase yaitu 5% dan 10%. Pada kesempatan kali ini, karena ini pertama kali aku nyoba niacinamide dari somethinc jadi aku putusin buat nyoba yang 5% dulu, so sekarang aku mau ngereview Somethinc 5% Niacinamide Barrier Serum.

Serum ini pada dasarnya sih reformulasi dari varian serum Somethinc Niacinamide OG yang terkenal banget sejak awal launching. Bedanya, Somethinc Niacinamide Barrier serum ini dilengkapi dengan triple ceramide dan kandungannya 48% Rosa Damascena water, yang memang difungsikan selain untuk mencerahkan, tapi juga memperkuat skin barrier. Jadi sekarang Somethinc punya 2 jenis serum niacinamide yaitu Niacinamide + Sabi White dan Niacinamide Barrier Serum.



Ingredients :

Rosa Damascena flower water (48%), glycerin, Niacinamide (5%), water, methylpropanediol, sodium pca, Betaine, 1,2 hexanediol, Zinc pca, ammonium acryloyldimethyltaurate/vp copolymer, butylene glycol, sodium lauroyl lactylate, pentylene glycol, xanthan gum, adenosine, octanediol, ethylhexylglycerin, Ceramide NP, Hydrolyzed Algae Extract (Retired), Anthemis nobilis flower extract, Ceramide AP, phytosphingosine, cholesterol, carbomer, Beta Vulgaris (Beet) Root Extract, allantoin, Caffeine, Ceramide EOP, Tocopherol

Berdasarkan kandungan serum ini, bisa kita lihat Somethinc memakai 3 jenis ceramide yaitu Ceramide NP, Ceramide AP, dan Ceramide EOP yang diklaim dapat melembabkan kulit, menjaga skin barrier, mengurangi tanda penuaan, dan juga menyamarkan keriput.

Sama seperti serum Somethinc yang lain, Niacinamide Barrier Serum ini dikemas dalam botol frosted galss ukuran 20 ml dan 40 ml dengan dilengkapi aplikator pipet. Nggak memakai box sehingga semua informasi terkait klaim, cara pemakaian, ingredients, expired date serta kode produksi dan PAO tercantum pada label di botolnya. Untuk PAO serum ini adalah 12 bulan, jadi kalian bisa agak nyantai buat ngabisin serum 20 ml tanpa harus kejar-kejaran sama PAO hehehehe.

Pertama kali aku pakai serum ini, yang aku notice adalah wangi mawar, kalau kalian pemilik hidung yang peka dengan aroma, pasti akan mencium aroma mawar segar yang agak samar. Tapi itupun akan kecium saat bener-bener diperhatikan. Pas aku tanya ke temanku, dia malah bilang nggak ada aroma apapun. Jadi bergantung kondisi hidung kalian. Aku pribadi suka dengan aroma mawarnya, bukan aroma yang menyengat, hanya wangi mawar yang tipis aja. Jadi nggak mengganggu sama sekali saat pemakaian produk ini. Mengingat memang serum ini menggunakan air mawar di urutan pertama ingredients listnya, dan tidak ada fragrance tambahan.

Tekstur serum ini sangat cair dan runny tapi nggak secair air, ada sedikit tekstur licin ketika dipegang. Tapi jangan tertipu dengan tekstur, meskipun serum ini cair, tapi dia benar-benar ngasih kelembaban super di mukaku. Jadi serum ini bukan tipe serum yang cepat meresap saat diaplikasikan. Justru serum ini aku rasain kayak meninggalkan rasa lembab dan basah meskipun setelah beberapa saat dipakai. Jadi rasanya seperti ada layer di kulit kita, meskipun aku udah pastiin serum ini menyerap. Untuk beberapa orang mungkin agak kaget dengan feels serum ini saat diaplikasikan, tapi aku justru suka, karena kulitku rasanya jauh lebih lembab dan kenyal. Cuma emang agak gengges kalau dilayer dengan skincare lain yang agak tebal. 


Bisa kalian lihat foto di atas, perbedaan antara bagian punggung tangan yang aku olesi dengan serum ini dengan bagian yang tidak aku olesi. Di bagian yang aku olesi terlihat lembab dan basah kan? Ini karena memang serum tersebut tidak langsung menyerap tetapi butuh waktu perlahan sehingga tetap memberikan efek lembab. Jadi meskipun cair, daya melembabkan serum ini bukan main-main. Buat pemilik kulit berminyak, mungkin akan terasa tacky setelah pemakaian, jadi sebisa mungkin jangan pakai produk ini terlalu banyak. 

Di kulit kombinasiku, aku biasa pake 3 drops saja. Untuk area t-zone memang akan terasa sedikit lengket saat aku pakai serum ini, tapi untuk daerah yang normal cenderung kering yaitu di pipi dan di dahi paling atas, akan terasa nyaman-nyaman saja, justru membantu banget buat melembabkan.

Aku mulai pakai serum ini dari tanggal 1 Juli 2021 sampai tulisan ini terbit tanggal 31 Juli 2021. Total sudah 1 bulan aku pakai produk 5% Niacinamide Barrier Serum ini dengan pemakaian pagi dan malam. Efek yang paling aku rasakan adalah kulitku jadi lebih lembab dan kenyal terus minyak di area hidung lumayan kekontrol. Untuk meredakan kemerahan di bawah hidung sebenarnya sih ngefek, cuma nggak terlihat di kamera. Sedangkan untuk bekas jerawat PIE belum ada perubahan yang signifikan. Klaim mencerahkannya juga nggak terlalu noticeable, cuma wajahku terlihat seger aja gitu. Tapi yang aku suka, serum ini ngebantu menenangkan kulitku yang lagi rewel. Jadi kalau daerah pipiku mulai muncul gatal-gatal dan sampai merah, aku aplikasikan serum ini, lumayan banget ngebantu ngurangin gatalnya.

Kesimpulanku selama memakai serum ini, overall sih aku suka karena kandungan triple ceramide nya yang ngebantu banget buat melembabkan dan mengenyalkan kulitku. Terus enak banget buat dipakai di kulit yang lagi gatal dan merah. Meskipun agak lama buat nyerepnya, tapi tetap nyaman dan nggak bikin kulit keliatan berminyak. 

Buat kalian yang penasaran mau nyobain, bisa langsung aja kalian beli di website Somethinc atau di e-commerce. Harga untuk yang 5% Niacinamide Barrier Serum 20 ml itu Rp 89.000,- sedangkan yang ukuran 40 ml dibandrol Rp 149.000,-

Kalau kalian udah pernah nyobain, share yuk pengalaman kalian!

You May Also Like

0 comments