Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum Review : Alternatif Retinol Dari Bahan Alami

by - Friday, May 07, 2021

Salah satu merk skincare lokal asli Indonesia yaitu Somethinc, mengeluarkan face oil yang berbahan dasar bakuchiol, bernama Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum yang digadang-gadang sebagai alternatif retinol yang memiliki fungsi mengembalikan kekenyalan kulit serta memperbaiki skin barrier.

Apa sih yang terlintas di pikiran kalian kalau ngomongin soal produk anti aging? Kalau aku jelas yang pertama terlintas adalah retinol. Retinol merupakan bentuk dari vitamin A, yang mempunyai manfaat untuk melawan tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus di wajah. Meskipun bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit, banyak orang masih takut menggunakan retinol karena penggunaannya yang tricky serta dapat menimbulkan purging di awal pemakaian. Selain itu retinol juga nggak boleh digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Tapi jangan khawatir, ada bahan lain bernama Bakuchiol, yang diklaim memiliki khasiat yang sama seperti retinol, tapi minim iritasi dan boleh digunakan oleh ibu hamil maupun menyusui bahkan remaja sekalipun.


Salah satu merk skincare lokal asli Indonesia yaitu Somethinc, mengeluarkan face oil yang berbahan dasar bakuchiol, bernama Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum yang digadang-gadang sebagai alternatif retinol yang memiliki fungsi mengembalikan kekenyalan kulit serta memperbaiki skin barrier. Seperti yang kalian tahu, di postingan Maret beauty haul kemarin aku beli produk ini dan udah aku pakai sejak tanggal 20 Maret 2021 sampai sekarang. So, aku mau ngasih tahu pengalaman aku memakai Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum ini.


A Natural + Vegan Alternative to Retinol that has Potent Antioxidant properties, anti-inflammatory, Acne Care, Stimulate Collagen, Improve Skin texture, with minimal side effects than retinol. (So yes, It's suitable for sensitive skin, Pregnant Women, & Teens too!) After 12 weeks, Skin Elasticity,& Firmness increase, while your Photoaging, wrinkles & hyperpigmentation decrease.

Bakuchiol is a 100% natural active ingredient obtained from the Babchi (Psoralea corylifolia plant), that has been used in Ayurvedic & Chinese Medicine for centuries. Safe for All Skin Types, & even Recommended to those with Oily/Acne-Prone skin due to its Anti-inflammatory, Antioxidants, Antibacterial and Clinically proven Anti-Acne properties.

Bakuchiol works to Increase Cell Turnover, Restore Skin’s Elasticity + Collagen, & Age Delay since now.


Ingredients :
Helianthus Annuus Seed Oil, Caprylic, Pyrus Malus Seed Oil, Calophyllum Inophyllum Seed Oil, Salicylic Acid, Bakuchiol, Tocopherol


Face oil somethinc ini dikemas dalam botol kaca berwarna kuning berukuran 20 mL yang dilengkapi aplikator berupa pipet, hampir serupa dengan produk-produk serum dari Somethinc yang lain sih. Nggak dilengkapi dengan box, sehingga semua informasi tertulis di label yang ada pada botolnya. Sebenarnya aku pribadi lebih suka jika kemasan face oil Somethinc maupun serum-serum yang lain dilengkapi lagi dengan box agar lebih safety saat pengiriman pun saat di simpan di meja rias. Pernah sekali oil ini terjatuh dari meja, tapi untung nggak sampai pecah karena kaca botolnya lumayan tebal.

Pemakaian pertama sih asli paling deg-degan. Karena seperti yang sering aku kasih tahu, kulit mukaku tipe kombinasi cenderung berminyak sekaligus acne prone. Ngebayangin kulit berminyak ditemplokin face oil sebenernya rada bikin aku ngeri, alamat bakalan jadi tambang minyak super hinyai nih muka.  Untuk urutan pemakaian pas pertama kali nyobain, aku cuci muka, kemudian pakai toner, dilanjut moisturizer dan face oil ini terakhir. Sengaja nggak pas awal aku nggak pakai serum karena takut mukaku jadi overmoist dan bakal bruntusan. Untuk pemakaiannya sendiri aku cuma netesin 2 drops aja ke telapak tangan, kemudian aku gosok biar hangat baru aku tap-tap ke muka. Aku cuma pakai face oil ini di malam hari, meskipun sebenernya dia bisa dipakai pagi dan malam sesuai petunjuk penggunaan di botolnya.

pemakaian pertama ini nggak bikin gerah di muka dan karena Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum ini teksturnya dry oil, dia nggak berat dan nggak menambah minyak di muka

First impression adalah aromanya sekilas mirip minyak goreng wkwkw. Karena memang full ingredientsnya adalah minyak-minyakan dan nggak ada fragrance tambahan, jadi aroma ini wajar banget dan nggak mengganggu sama sekali. Surprisingly pas pemakaian pertama ini nggak bikin gerah di muka dan karena Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum ini teksturnya dry oil, dia nggak berat dan nggak menambah minyak di mukaku. Meskipun aku sempet khawatir besok baginya keluar bruntusan karena kelewat lembab, ternyata enggak. Justru dia ngebantu ngontrol minyak di mukaku, dan keliatan glowing serta kenyal. Tapi balik lagi karena dia memang face oil, daya nyerepnya agak lama, bahkan pas pagipun masih ada residu minyak yang belum nyerep sepenuhnya ke mukaku.

Sejak pemakaian pertama yang aman-aman aja, akhirnya aku berani pake Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum ini dilayer dengan serum-serumku yang lain. Bahkan ketika aku layer dia dengan retinol toner avoskin, kombo ini benar-benar ngebantu bruntusanku yang ada di dahi jadi berkurang banget. Jadi semacem ngeboost efek dari retinol gitu. Aku juga pernah pake face oil ini dengan teknik scrambled oil yaitu dimix dengan toner, dan dia jadi cepet nyerep tapi malah aku ngerasa hidrasinya jadi berkurang, akhirnya aku tetep pakai dengan cara biasa di step terakhir setelah moisturizer.



Klaim dari Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum ini yang udah aku rasain selama pemakaian hampir 2 bulan adalah kulitku makin kenyal dan tekstur kulit yang bruntusan jadi lebih halus. Kalau untuk menghilangkan bekas jerawat zuzur nggak ada efeknya, karena emang dia nggak ngeklaim buat itu wkwkw tapi akhir-akhir ini aku jadi jarang banget jerawatan, mungkin karena face oil ini ngebantu nguatin skin barrier aku. Untuk smile lines dan garis halus di deket mata sih aku belum ngerasain ada perubahan, karena baru juga 2 bulan, mungkin efeknya bisa makin keliatan setelah 12 minggu seperti yang Somethinc klaim.

Kesimpulannya aku sih seneng banget sama Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum ini, karena dia face oil pertama yang aku cobain dan nggak ada efek negatif sama sekali, justru pas dikombo dengan retinol efeknya makin mantap. Aku tetep pakai dia pas malam hari aja karena aku ngerasa bakal terlalu berat pake face oil di pagi hari. Aku juga bakal nerusin pakai produk ini sampai habis buat ngeliat apakah ngefek di garis halus dan smile lines aku.

Jadi buat kalian yang masih remaja, ibu hamil, dan ibu menyusui yang tertarik sama produk anti aging bisa banget nyobain bakuchiol ini sebagai alternatif retinol, meskipun efeknya nggak cepet, tapi karena dia aman dan minim iritasi jadi pas banget dipake buat pemula.


Harga Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum ini Rp 89.000,- dan bisa kalian beli di e-commerce official store Somethinc atau di website resmi Somethinc
Buat kalian yang udah nyobain Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum ini bisa share pengalaman pakai kalian di kolom komentar yaa hihihi.

You May Also Like

0 comments